OFFICIAL WEBSITE TECHNOLOGY DIGITAL LABORATORY
Gedung Lab Fisika Unit 10 Lt 2 Jl.Bioteknologi FMIPA Kampus USU

Minimum System


MINIMUM SYSTEM


Modul system minimum ini sengaja tidak cetak top overlay yang menunjukkan tata komponen, karena banyak mahasiswa/i yang menggunnakannya sebagai modul pembuatan tugas akhir, dan tidak ingin terlihat modul tersebut sepertinya buatan pabrik. Modul ini lebih menggambarkan modul system minimum karya sendiri, bukan tempahan atau pabrikan.

System minimum ATMega8535/32 ini dapat juga dipakai untuk trainer ATMega16 juga ATMega1284 type dip 40 pin,  karena sudah tersedia jalur VCC, GND, Vin analong, dan pada port B sudah dilengkapi dengan interface ke LCD dan ISP Port untuk keperluan programming sehingga tidak terganggu programming akibat pemasangan LCD pada PORTB.
System minimum juga sudah dilengkapi RTC DS1307 dan dengan Regulator tegangan 5 volt DC menggunakan IC LM317 dengan kemampuan mensupply arus sampai 1.5 Amp, , sehingga cukup menggunakan adaptor 12 Volt modul sudah dapat digunakan. System minimum ini juga sudah dilengkapi dengan RTC DS1307 untuk keperluan jam digital.
Pada setiap PIN pada PORT juga disediakan tempat untuk keperluan penggunaan PIN dengan kabel tunggal.
Tersedia saluran expansi tegangan keluar dari System minimum dengan nilai tegangan 5 Volt, dan 12 Volt dan pada PORTC dan PORTD, disediakan satu LED untuk indikator status.
Rangkaian power supply pada system minimum adalah rangkaian regulator LM317 yang mampu men_supply arus sampai 1.5 Amp. IC LM317 sudah diberi pendingin yang cukup sehingga aman untuk pemakaian 24 jam. Bagian ini sudah dilengkapi dengan sebuah dioda 2A untuk melindungi rangkaian dari kesalahan memberi tegangan input terbalik dari adaptor universal 12V atau adaptor 9V s/d 15 V.
Rangkaian RTC yang digunakan adalah DS1307, sudah dilengkapi dengan battery Lithium Ion 3 Volt seperti pada foto diatas.
Pada PORTA sudah disediakan jalur VCC dan GND pada sisi setiap PIN/PORT, untuk memudahkan penyambungan kabel ke sensor ataupun transducer, karena biasanya sensor / transducer pada umumnya terdiri dari 3 pin yaitu data, Vcc, dan GND. Demikian juga pada PORTD sudah dilengkapi jalur untuk pemasangan resistor SIL 9 pin untuk keperluan PullUp, sehingga baik untuk keperluan INT maupun keperluan lain yang memerlukan pull_up resistor cukup tinggal sambung kabel saja.
Rangkaian pada ATMega adalah seperti pada gambar di sebelah kiri, ATMega sudah dilengkapi dengan PORT ISP Programmer pada PORT B, Juga sudah dilengkapi dengan interface ke LCD, sehingga walaupun LCD terhubung ke power suppy, in system programming tetap tidak terganggu. Vcc untuk ADC sudah dilengkapi dengan filter induktor 100 uH seperti yang dianjurkan pada datasheet, sehingga noise dari power supply yang mengganggu pembacaan ADC dari PORT A sudah ter_redam dengan baik.
Untuk membantu mencari kesalahan dan status pada saat programming disediakan LED indikator yang terhubung dengan PORTD.7

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts